Ayam Panggang Banjar

19:30:00

Dua minggu lalu saya merasa senang sekali karena dapat melunasi hutang janji untuk memasak menu baru. Selama 4 hari berturut-turut saya memasak, berurutan mulai dari Tahu Krispi x Batagor yang sudah saya tulis sebelumnya. Sayang, menu 3 hari sisanya belum saya bagi, karena (lagi-lagi) terkena sindrom rajin merajut. Hehe.

Untuk hari kedua, saya mencoba resep dari Agus Masterchef season 1 yang dimuat di tabloid Koki bulan Maret 2013: Ayam Panggang Banjar. Tapi sebelumnya saya minta maaf, karena tidak sempat memotret hasil masakan saya sendiri. Terlampau lapar, karena estimasi lama memasak yang jauh dari perkiraan awal. =P



Bahan
Ayam 1 ekor, potong 4 bagian; Jahe 2 ruas jari, kupas dan haluskan; Bawang putih 4 siung, haluskan; Air jeruk nipis 2 sdm; Garam 1 sdt; Kayu manis 3 cm; Merica bubuk 1/4 sdt; Gula pasir 1 sdt; Gula merah 50gr, sisir; Kecap manis 5 sdm; Saus tomat 100gr; Air 1lt; Minyak goreng 3 sdm. 

Bumbu halus
Bawang merah 200gr; Bawang putih 100gr; Kencur 2 ruas jari, kupas; Cabai merah kering 50gr; Cabai merah 50gr. 

Bahan Acar Banjar
Wortel 1 buah, potong korek api; Kubis 100gr, iris halus; Bawang merah 5 butir, iris halus; Cabai rawit merah 10 buah; Cuka 2 sdm; Garam 1/2 sdt; Gula pasir 1 sdt. 

Cara membuat
1. Acar Banjar: Siram potongan wortel dan kubis dengan air mendidih secukupnya, tiriskan. Campur semua bahan dan aduk hingga tercampur rata. Sisihkan. 
2. Lumuri ayam dengan bawang putih, jahe, air jeruk nipis dan garam selama 20 menit. 
3. Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum. Tambahkan sisa bumbu (kayu manis, garam, merica bubuk, gula, gula merah, kecap manis dan saus tomat), aduk. Tumis hingga matang.
4. Maukkan daging ayam, tuang air. Aduk, kecilkan api. Masak ayam selama 45 menit hingga matang. 
5. Bakar ayam di atas bara api hingga matang dan berwarna kecokelatan, angkat. 
6. Sajikan ayam panggang banjar dengan sisa bumbu ungkepan dan acar banjar

Tips

  • Saya sarankan menggunakan ayam yang berukuran besar, karena bumbu yang dihasilkan cukup banyak.
  • Bumbu sisa ungkepan dapat juga dimanfaatkan untuk membuat nasi goreng kambing/aceh. Untuk menambah aroma khas rempah, dalam mengolah menjadi bumbu nasi goreng, dapat ditambahkan bunga pekak & kapulaga. 
  • Waktu persiapan hingga selesai minimal 75 menit. Jadi jangan memulai memasak dalam keadaan perut kosong seperti saya, ujung-ujungnya jadi ga sabaran. =D
Selamat mencoba!

You Might Also Like

0 comments