Tahu Krispi x Batagor

22:06:00

Wah, sudah lama tidak menulis tentang masak-memasak. Sedikit tercuri perhatian oleh rajut-merajut & perjalanan panjang di tiap minggunya. Hehe. Tapi, jangan khawatir, saya kembali di jalan yang benar dengan menepati janji saya sendiri sekarang. "Memasak 2 resep baru tiap minggunya". =D


Kemarin saya mencoba mempraktekkan resep dari tabloid KOKI Edisi 00248, Maret 2013. Dari edisi ini sepertinya akan banyak yang saya bagi, karena banyak resep menarik bin mudah di dalamnya. Nah, yang akan saya tuliskan di bawah ini hasil adalah 2 resep: Batagor dan Tahu Krispi. Kedua resep ini muncul dalam segmen Tren Kuliner, berjudul "Jajanan dalam Cup". Saya sendiri mencobanya dengan memodifikasi Tahu Krispi ditambah dengan Saus Kacang dari Batagor, karena menyesuaikan situasi yang sedang tidak punya suplai ikan. Hehehe. Agar ada asupan karbohidrat dan protein tambahan, saya menyajikannya dengan kentang & telur rebus, potongan mentimun dan kerupuk bawang. Komplit! Rasanya jadi seperti persilangan tahu tek+siomay+batagor. Crossover tastes, as expected results

Blasteran Tahu Krispi x Batagor. Yumm!
Di bawah ini saya bagikan resepnya, masing-masing utuh kok, barangkali ada yang ingin mencoba satu resep saja. Selamat mencoba!


Batagor

Bahan
200gr filet ikan tengiri; 5 buah tahu, potong bentuk segitiga; 50gr Tepung Tapioka; 1 butir telur ayam, kocok lepas; 1 batang bawang perai, iris tipis; 1/2 sdt garam; 1/2 sdt merica bubuk; 1 sdt kaldu ayam bubuk; 500ml minyak goreng

Bahan Saus Kacang
150gr kacang tanah, goreng dan haluskan; 4 buah cabai merah; 2 siung bawang putih; 1 sdm gula pasir; 1 sdm air jeruk nipis; 185ml air; garam secukupnya; kecap manis secukupnya. 

Cara Membuat
Batagor: 1. Keruk salah satu sisi tahu dengan menggunakan sendok kecil. Lakukan yang sama hingga habis
2. Campur ikan, telur, bawang perai, garam, merica bubuk dan kaldu ayam bubuk. Aduk rata. 
3. Tambahkan tepung tapioka sedikit demi sedikit hingga tercampur rata. 
4. Masukkan adonan ikan ke dalam bagian tahu yang telah dikeruk. Panaskan panci pengukus, kukus hingga matang. Angkat. Panaskan minyak, goreng tahu hingga berwarna kuning kecokelatan. Angkat dan tiriskan. Sisihkan.
Saus Kacang: 1. Haluskan cabai merah dan bawang putih. Campur bumbu halus, kacang tanah halus, gula pasir, garam dan air. Aduk rata, masak hingga mendidih. Tambahkan air jeruk nipis. Aduk rata, angkat. 
2. Potong-potong tahu, masukkan dalam cup. Siram dengan saus kacang dan coretkan kecap manis di atasnya. Sajikan. 

Catatan
Untuk saus kacang, kalau bikin sesuai resep ini, hasilnya jadi sangat-sangat kental. Tambahkan air sedikit-sedikit sampai pada kekentalan yang kalian sukai setelah langkah menambahkan air jeruk nipis. Juga pastikan kematangan kacang pada saat menggoreng, hal ini juga memengaruhi warna saus. 

                      
Tahu Krispi

Bahan
3 buah tahu, potong dadu 2x2cm; 1 siung bawang putih, haluskan; 1 butir telur ayam, kocok lepas; 100gr tepung terigu protein sedang (segitiga biru, gunung bromo), 2 sdm tepung maizena, 3 sdm tepung beras, 1/4 sdt soda kue; 150ml air; garam secukupnya; 500ml minyak goreng; saus sambal dan saus tomat secukupnya. 

Cara membuat
1. Campur air, bawang putih halus dan garam. Aduk rata.
2. Tuang ke dalam mangkuk berisi tahu, rendam selama beberapa menit. Tiriskan. 
3. Campur terigu, tepung maizena, tepung beras, soda kue dan garam, aduk rata. Celupkan tahu dalam telur kocok, gulingkan di atas campuran tepung. Ratakan. 
4. Panaskan minyak, goreng tahu hingga matang dan berwarna kuning kecokelatan. Angkat dan tiriskan. Letakkan dalam cup, sajikan bersama saus sambal dan saus tomat. 

Catatan
Campuran tepung (di langkah no 3) ini ternyata juga enak untuk menggoreng bahan lainnya. Tempe misalnya, sebelumnya saya rendam dengan air-bawang putih-ketumbar-garam, kemudian digulingkan dalam campuran tepung ini hasilnya ciamik. Bisa jadi alternatif pengganti tepung bumbu instan. 

You Might Also Like

3 comments

  1. mantap gan.... thanks buat resepnya...
    http://www.rajalistrik.com

    ReplyDelete