Naik Uber di Surabaya - Sidoarjo

00:37:00

 Apa kalian sudah pernah mencoba layanan Uber? Saya sudah dan ingin berbagi cerita + tips untuk kalian yang tertarik untuk menggunakan jasa transportasi tumpangan ini. Saya sudah beberapa kali naik Uber di daerah Surabaya – Sidoarjo. Pertama kali mencoba ketika mbak Yuli bercerita tentang kawan-kawan yang sering memanfaatkan Uber karena tarif yang bersaing dan mobil yang nyaman. Saya kurang yakin dan agak malas untuk mengunduh apps-nya. Akhirnya via akun mas Andriew pun saya mencoba Uber dengan rute dr. Cipto – Manyar Adi yang ternyata Cuma bayar di bawah 20ribu (saya lupa nominal tepatnya).

Kesan pertama yang menyenangkan membuat saya tertarik untuk menggunakan Uber lagi. Saya donlod aplikasinya dan memasukkan kode promo dari kawan agar mendapat Free Ride sebesar 50ribu. Kalian juga bisa mendapatkannya dengan memasukkan kode qbmjn5jeue Dengan rute dari Raya Lingkar Timur – Sidoarjo hingga Karang Menur – Surabaya, di hari Sabtu siang, Cuma habis 70ribu saja loh. Lumayaaann.. banget! Setelahnya, saya mengajak Tiwi, teman saya untuk juga donlod dan memanfaatkan promo Free Ride. Ia memasukkan kode qbmjn5jeue dari saya dan otomatis langsung mendapatkan Free Ride sebesar 50ribu. Kemudian, setelah ia menggunakan Free Ride tersebut untuk perjalanan pertamanya/First Trip, saya pun mendapat keuntungan yang sama. Such a win-win happiness!

Tapi, bukan berarti tidak ada pengalaman tidak menyenangkan ya dengan Uber. Ada beberapa hal yang perlu dicermati & hati-hati dalam menggunakan Uber. Uber menerapkan cancellation fee atau biaya pembatalan sebesar 30 ribu rupiah, jika kalian membatalkan pesanan setelah 5 menit. Saya pernah order, saya SMS drivernya untuk alamat lengkap & perkiraan letak rumah, dan kemudian karena harus menyiapkan beberapa hal saya tidak mengecek lagi gerak unit mobil di layar handphone saya. Setelah beberapa waktu berlalu, baru saya cek dan ternyata mobil yang mengambil order saya tidak bergerak dari tempat. Saya telpon ternyata driver tersebut mengatakan mobilnya sedang di bengkel, dan dia tetap mengambil order saya karena takut terkena denda oleh Uber. Dia meyakinkan saya agar membatalkan pesanan, dan meski saya berargumen bahwa sudah lebih dari 5 menit, dia bersikeras bahwa tidak akan kena cancellation fee karena belum 5 menit. Which is so not true, saya akhirnya tetap kena cancellation fee dan dibayarkan ketika saya mengorder perjalanan selanjutnya.

Untuk itu, di bawah ini adalah tips untuk menggunakan layanan Uber dengan nyaman:
  1. Download/unduh apps Uber di iOs atau Google Playstore
  2. Setelah terpasang, isi data diri kemudian masukkan kode qbmjn5jeue untuk mendapatkan Free Ride untuk perjalanan pertama senilai 50ribu (kalau ternyata lebih dari 50ribu, kalian cukup membayar sisa selisihnya saja)
  3. Untuk mengecek apakah promo tersebut sudah masuk/berlaku, cukup cek opsi menu “PROMO”, di sana akan tertera nilai free ride dan masa berlakunya
  4. Ketika order, setelah mendapatkan driver beserta nomor teleponnya, langsung SMS alamat dan perkiraan letak rumah/tempat penjemputan. Jika setelah 3 menit tidak ada respon, bisa langsung ditelpon untuk konfirmasi. Driver yang proaktif untuk menelpon/SMS lebih dulu juga banyak, tetapi tidak semua.
  5. Jika tidak ada respon, segera batalkan order. Tunggu beberapa menit untuk melihat driver/mobil lain yang tersedia di dekat kalian. Uber ini sistemnya siapa driver yang paling dekat adalah yang mendapatkan order klien, jadi tidak rebutan. Jika langsung order lagi setelah cancel yang sebelumnya, besar kemungkinan akan “nyantol” di driver yang sama.
  6. Dari 5 kali perjalanan terakhir dengan Uber, rata-rata pengalamannya menyenangkan, sopirnya sopan dan saya nyaman bahkan untuk menyusui Hayu. Jadi, silakan coba juga ya. Jangan lupa kodenya qbmjn5jeue untuk free ride gratis
*diulang-ulang biar hapal. Hahaha*

You Might Also Like

0 comments