Ow, ow, ow! Dynamic View!

12:27:00

*tampilan mungkin terasa mengganggu, silakan klik ini agar nyaman membacanya.


Saya sedang jatuh cinta sama yang namanya "Dynamic View". Apa itu?
"Dynamic View" adalah cara lain untuk melihat blog, yang masuk dalam akun blogger/beralamatkan blogspot.com. It is fun! Tampilan blog yang kadang-kadang ribet dan bikin susah dibaca, atau berat karena kebanyakan widget & application bisa jadi simpel dan read-able.

Bagaimana caranya? Gampang, tinggal tambahin "/view/(view type yg kamu mau)" di belakang alamat blogspotnya. Misal nih:
www.vinkamaharani.blogspot.com/view/flipcard untuk melihat blog dalam persegi-persegi kecil dengan thumbnail blog-post, apa bila ada foto, maka foto itu yang jadi thumbnail blog-post tersebut.


Yang keren dari Flipcard ni, ketika dilihat berdasarkan kategori, thumbnail ini langsung mengelompok. It moves smoothly!

Selanjutnya, dynamic view yang paling simple adalah sidebar. ketik www.vinkamaharani.blogspot.com/view/sidebar dan kamu akan menemui halaman seperti di bawah ini.


Tampilan "sidebar" ini sangat sederhana, bersih dan hanya diurutkan berdasarkan waktu. Nah, untuk yang sangat suka foto, ada view yang spesial buat anda: snapshot. Klik www.vinkamaharani.blogspot.com/view/snapshot dan anda akan melihat deretan foto dalam bentuk polaroid yang akan menunjukkan teks konten ketika kursor anda arahkan kepadanya.

Snapshot ini memang bisa dibilang khusus untuk yang sering menyertakan foto di tiap postnya, karena post yang tidak ada photonya, tidak tertampilkan. Untuk melihat blog para fashion blogger, pas sekali.

Dynamic view selanjutnya adalah timeslide. Di sini post dikelompokkan dalam periode waktu. Ada yang terbaru, ditampilkan dengan porsi yang lumayan besar, kemudian ada yang berupa cuplikan dan ada yang berupa judul saja. Tetapi, ketika judul ini didekatkan dengan kursor, maka muncul cuplikan isinya. 


Dan yang terakhir adalah view favorit saya: MOSAIC!

Saya suka sekali tampilan mosaik ini. Acak tidak beraturan tapi indah dengan sendirinya (tsaah!). Menariknya lagi, tampilan mosaic tidak akan pernah sama. Coba deh kalian klik www.vinkamaharani.blogspot.com/view/mosaic , pasti tampilannya beda dengan yang saya capture di atas. I love this view!

Oh iya, dynamic view ini bisa kalian aplikasikan pada akun blogspot yang diperbolehkan oleh pemilik akun tersebut. Ada beberapa opsi setting akun yang harus disetujui dulu oleh pemilik akun. Bagaimana cara mengetahuinya bahwa blog favorit kamu bisa dilihat dengan "dynamic view" atau tidak? Gampang, coba ketik alamat blog langsung di toggle bar. Then go!

 Favorit saya tentu masih fashion blogger nomer 1 Indonesia, Diana Rikasari. Coba deh klik link ini: www.dianarikasari.blogspot.com/view/mosaic. Mantab! Selamat blog-walking fellas!
=*

You Might Also Like

0 comments