[Resep] Udang Krispi Saus Mentega

10:43:00

Langsung difoto di atas nasi. Laper!
 Kemarin lusa, ketika akan makan malam, saya kebingungan memilih menu. Bahan makanan mulai menipis, tetapi sedang ingin bikin sesuatu yang tidak biasa-biasa, tapi yang cepat pengerjaannya. Rewel ya? Haha. Setelah mencari inspirasi dengan membolak-balik halaman tabloid Koki, akhirnya berjumpa dengan resep Udang Krispi Saus Mentega. Dengan bahan sederhana yang hampir pasti tersedia di dapur, rasa yang dihasilkan identik jika dibandingkan dengan menu Udang Tepung Saus Mentega yang biasa kita beli di restoran Chinese food. Harum jahe dalam sausnya langsung memantik air liur. Ndrodos-ndrodos lah. Hehehe. Sila dicoba, berikut resepnya.

Udang Krispi Saus Mentega
Resep dari Tabloid Koki, edisi 00257 Juli 2013
Tampilan sajian di Koki

Bahan
250gr Udang ukuran sedang, kupas kulit, buang kepala dan sisakan ekor (saya sebaliknya, kepala disisakan tapi ekor dibuang. Lebih gurih & krius-krius)
100gr Tepung bumbu (saya dengan Sajiku tepung bumbu)
2 sdm Tepung beras
1 sdm Tepung terigu protein sedang (merk Segitiga)
1 butir Telur ayam, kocok lepas
½ buah Jeruk Nipis, ambil airnya
2 siung Bawang putih, cincang (halus)
1 cm    Jahe, kupas dan cincang (sangat halus)
40gr    Mentega
2 sdm  Kecap Inggris
½ sdt   Merica bubuk
Garam secukupnya
75ml  Air
Minyak Goreng untuk menggoreng (deep fried, jadi agak banyak)

Cara Membuat:
  1. Perciki udang dengan air jeruk nipis dan lumuri dengan garam. Diamkan selama kurang lebih 5 menit.
  2. Campur tepung bumbu, tepung beras dan terigu. Aduk rata. Celupkan udang ke dalam telur kocok dan gulingkan di atas campuran tepung. Ratakan.(ketuk-ketukkan udang agar tepung rontok sebelum menggoreng, karena sisa tepung akan merusak minyak goreng)
  3. Panaskan minyak, goreng udang hingga matang dan berwarna kuning kecokelatan. Angkat dan tiriskan. Sisihkan.
  4. Panaskan mentega, tumis bawang putih dan jahe hingga harum. Tambahkan kecap inggris, merica bubuk dan garam. Tuang air, aduk rata, Masak hingga mendidih dan mengental.
  5. Masukkan udang goreng krispi, aduk rata. Angkat. Sajikan.

Untuk 2 porsi.

Tips:
  1. Untuk yang suka udang tetap krispi, saus bisa disajikan terpisah.
  2. Masak menu seperti ini bisa diakali agar cepat selesai tapi tidak keteteran. Urutan yang menurut saya efektif: rendam udang >> kocok telur & aduk tepung >> tepungi semua udang >> goreng  sembari mencincang bawang & jahe >> buat saus sambil terus menggoreng. Tidak lebih dari 30 menit selesai.
  3. Jika masih ada sisa tepung, masih bisa digunakan. Saya memasak tahu dengan tepung sisa resep ini. Enak sekali. Jika ingin tahu yang lebih krispi bisa baca resep di sini.
Resep sederhana seperti ini yang cocok untuk pemula agar lebih semangat memasak. Coba juga sekali-sekali bandingkan harga 1 porsi masakan yg sama di resto, bisa 2-3 kali lipat dari biaya masak sendiri! *cheapskater* *ha!*  =D

You Might Also Like

1 comments