Resep Pancake ala Urban Cook

23:42:00


Seperti yang sudah dicanangkan di resolusi tahun ini, saya berusaha untuk memasak 2 menu baru tiap minggunya. Saya tidak membatasi pada jenis menu apa yang saya masak, agar tidak mempersulit diri sendiri & sekaligus melebarkan ragam masakan yang saya coba. Resolusi ini termasuk yang paling berhasil, karena saya cukup konsisten melakukannya. Ketika sedang bersemangat, malah bisa lebih dari 2 resep. Sampai saat ini, sebenarnya cukup banyak resep yang bisa dibagi. Sayang duhai sayang, tersebab sering terlanda kemalasan, ujung-ujungnya hanya difoto dan diunggah di Instagram. Tidak berlanjut di blog. =D

Minggu kemarin, saya mempraktekkan resep dari chef Yuda Bustara, yang menggawangi Urban Cook di Kompas TV itu. Chef Yuda memasak beberapa resep dalam rangka jamuan Valentine, salah satunya kesukaan suami nih: pancake atau panekuk. Dulu, saat masih berpacaran, kami pertama kali menjajal panekuk buatan profesional di Mr. Pancake. Enak sih, tapi karena kantong dipaksa ditutup untuk persiapan pernikahan, harganya jadi kurang enak. Hehe. Akhirnya saya mencoba membuatkan pacar (a.k.a suami) panekuk dari tepung siap pakai. Hasilnya jauh. Tidak fluffy dan terkesan bantat. Jadinya agak kurang percaya diri untuk bikin lagi. 

Nampaknya niat itu tumbuh lagi ketika melihat chef Yuda memasak. Kesannya simpel, mudah dan cepat. Alhasil, saya pun penasaran untuk menjajal. Hasilnya sangat memuaskan! Bahkan dari segi penampilan sangat cantik. Berani lah kalo diadu. Haha. 

Berikut resep panekuknya, jangan ragu-ragu, pasti oke! ;;)
Panekuk versi saya.

Bahan-bahan: 
• 1 cangkir tepung rendah protein (versi saya: 140gr)
• 2 sendok makan gula
• 2 sendok teh baking powder
• 1/2 sendok teh garam
• 1 cangkir susu (240 ml)
• 2 sendok makan mentega tawar, dicairkan, atau minyak sayur (saya: margarin, dicairkan tapi tidak sampai bening)
• 1 telur
• 1 sendok makan minyak sayur
• Aneka topping, seperti mentega, sirup maple, gula halus, madu, selai, manisan, whipped cream atau sirup cokelat (saya pake eskrim buatan sendiri dan susu kental manis)

Cara buat:
1. Dalam mangkuk kecil, kocok tepung, gula, baking powder, dan garam, sisihkan.

2. Ambil mangkuk yang lebih besar, kocok susu, mentega (atau minyak) dan kuning telur, sementara itu kocong putih telur terpisah sampai mengembang

3. Tambahkan bahan kering ke campuran susu, kocok sampai tercampur, jangan terlalu overmix, terahir campurkan putih telur dengan perlahan agar gelembungnya tidak pecah.

4. Panaskan wajan besar (antilengket) di atas api sedang.

5. Dengan tisu dapur olesi wajan dengan sedikit minyak sayur

6. Masak pancake sampai berbuih, jika sudah berbuih berarti sudah saatnya dibalik, masak kira2 1 menit. (saya menuangkannya menggunakan scoop eskrim, sehingga hasilnya rata. Jangan lupa tuangkan tepat di tengah betul, agar hasilnya bulat sempurna)

7. Jika anda ingin pancakenya tetap panas, Panaskan oven sampai 100 derajat, siapkan Loyang tahan panas untuk menyimpan pancake yang sudah jadi agar tetap hangat, selama anda masih memasak sisa pancake

8. Sajikan hangat, dengan topping yang diinginkan.

*dengan scoop eskrim 4.5, hasil akhirnya 13 lembar panekuk*

You Might Also Like

1 comments

  1. Niat hati pengen cari referensi buat belajar masakin temen hidup baru, eih nemunya blog ini. Dibaca-baca, lhah kek pernah liat sama empunya blog. Oalah, mbk vinka yang itu ta. Salam kenal mbk, remember me?? ^_^ kapan2 aku mau di ajakin buat ngobrak abrik dapurnya.

    ReplyDelete